..some words..

semua yang terlintas dan terpikir di imajinasi seorang tnt.. :)

Senin, 31 Mei 2010

tong sampah

melihat tong sampah..baru melihatnya saja terkadang sudah merasa jijik, mulai dari tempatnya yang terkadang sangat tidak menarik, hingga isinya yang tentunya berisi sampah. Ya, "sampah" bagi orang-orang yang tak lagi membutuhkan "sampah" itu.

beranjak dari filosofi sampah, saya tiba-tiba bertanya, suatu pertanyaan bodoh mungkin,tapi.. adakah yang bisa menjawab? siapakah penemu tong sampah? hm.. bukan apa-apa. mungkin sebelum ada tong sampah, orang membuang sampah di sembarang tempat (bisa jadi, di zaman purbakala dulu :)), atau membuang di suatu tempat, lalu dibakar atau ditimbun, atau..membuang sampah di kantong kresek yang kemudian dibuang lagi oleh sang mantan pemilik sampah ke bantaran kali ciliwung..yiaaakss..

yang jelas, siapapun penemunya, saya sangat kagum. kagum karena berkat tong sampah, lingkungan menjadi lebih bersih. berkat tong sampah, petugas kebersihan tidak perlu repot-repot mengumpulkan sampah, cukup dengan mengambil sampah yang ada di tong sampah. dengan membuang sampah di tong sampah, berarti ikut mengatasi banjir. berkat tong sampah, perusahaan-perusahaan tertentu (misal, telkom bandung) menjadi tergerak untuk melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR) melalui penempatan tong sampah di jalan supratman bandung, plus tulisan "Telkom Peduli" pada masing-masing tong sampah. menarik bukan.. :)

nah, jika di era serba modern sekarang ini, seharusnya masyarakat bisa lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya, termasuk tong sampah. jangan karena "ia adalah tong sampah", lalu keberadaannya terlihat kotor, kotor dimakan zaman dan bertahan dengan perubahan cuaca (ini untuk tong sampah diarea terbuka ya..:)). jangan biarkan tong sampah hanya sebagai pajangan tua, yang keberadaannya pun kerap kali diabaikan. menurut saya, masyarakat yang modern berawal dari masyarakat yang bersih, yang berarti peduli pada lingkungan sekitarnya, yang berarti pula sangat membutuhkan kehadiran "tong sampah". mari, jika yang saya sebut diatas masih sulit untuk direalisasikan, mulailah dengan tidak membuang sampah sembarangan. usahakan mencari tempat pembuangan sampah terdekat (salah satunya tong sampah). biasakan membawa kantong kresek kemanapun anda pergi, sehingga jika ada tempat pembuangan sampah, bisa langsung dibuang (bukan dibuang di sungai atau di kali yaa.. :)). mulailah gerakan menyediakan tong sampah setiap 5 atau 6 meter di lingkungan anda (misal, di lingkungan RT/RW), karena dengan adanya tong sampah disekitar kita, orang semakin tergerak untuk membuang samapah di tong sampah..

tong sampah mungkin hanyalah "tempat untuk membuang sampah". namun jasanya luar biasa, dan seperti jasa para pahlawan, jangan sia-siakan keberadaannya yaa..:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar